Minggu, 31 Oktober 2010

Dari Darma Apapun, Publikasi Internasional Dapat Terbit

Luas dikenal bahwa Perguruan Tinggi memerankan 3 komponen darma: pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Selama ini umum dipahami bahwa publikasi internasional bisa terbit dari darma penelitian saja. Selain itu, darma pendidikan di perguruan tinggi non kependidikan tidak mungkin menghasilkan publikasi internasional. Benarkah demikian? Kami tak yakin dengan itu dan ketakyakinan itu telah terbukti. Publikasi-publikasi internasional dapat terbit juga dari darma pendidikan di perguruan tinggi non kependidikan dan darma pengabdian kepada masyarakat.

Bagaimana sebenarnya proses publikasi internasional itu? Rantai proses berawal dari masalah yang akan dipecahkan atau dicari solusinya. Mata rantai berikutnya adalah riset yang dilakukan untuk memperoleh solusi baru. Tidak terlalu sulit mencari kebaruan dari solusi. Terakhir, mata rantai manuskrip yang disiapkan untuk publikasi internasional sebagai bagian dari diseminasi riset. Kebaruan dari solusi terhadap masalah yang dipadu dengan tata tulis yang baik menjamin manuskrip tersebut diterima untuk diterbitkan di jurnal internasional.

Masalah yang akan dicari solusinya dapat berasal dari pendidikan dan pengajaran yang sehari-hari dilakukan atau dari konsultansi cuma-cuma yang diberikan kepada masyarakat. Dengan mencari di dunia maya melalui internet dan meminta bantuan Google dan sejenisnya, solusi dan berbagai alternatif solusinya dapat diperoleh. Solusi-solusi yang sudah ada dan ditemukan melalui Google dan sejenisnya tentu saja dapat digunakan namun tentu tak layak untuk dipublikasikan. Hanya perlu usaha tambahan sedikit agar solusi kreatif dan inovatif dapat diperoleh. Caranya, kumpulkan seluruh solusi yang sudah ada dari beragam makalah yang ada, kemudian temukan celah atau lubang yang merupakan ‘kekurangan’ makalah-makalah tersebut. ‘Kekurangan’ itulah yang akan disempurnakan denganusaha tambahan kita.

Dengan cara-cara ini, kami telah membuktikan bahwa publikasi internasional tidak hanya buah dari darma penelitian, tetapi juga dari darma pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat seperti kami telah tuangkan di blog ini pada hari Jum’at 2 April dan Kamis 15 April 2010.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar