Minggu, 11 September 2011

Formulir Aplikasi Pemilihan Dosen Berprestasi Nasional 2011-1




01/PP/DITDIKTENDIK/2011
 




 

 




FORMULIR APLIKASI
PEMILIHAN DOSEN BERPRESTASI

 









Prof. Dr.Eng. Khairurrijal
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Bandung
NIP. 19650216 199103 1002









DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DIREKTORAT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2011







FORMULIR PRESTASI UNGGUL

A.    DATA DIRI
1. Nama Lengkap (dengan gelar)
Prof. Dr.Eng. Khairurrijal
2. NIP.
19650216 199103 1002
3. Jabatan Akademik
Guru Besar
4. Jabatan Struktural
Sekretaris Pengabdian kepada Masyarakat,  LPPM ITB
5. Pangkat dan golongan
Pembina Tk. I/IV/b
6. Tempat & Tanggal Lahir
Pekanbaru, 16 Februari 1965
7. Jenis Kelamin
Laki-laki
8. Bidang Keahlian
Fisika Material & Instrumentasi
9. Agama
Islam
10. Asal Perguruan Tinggi
Institut Teknologi Bandung
Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Dep.
Fisika

B.    URAIAN PRESTASI UNGGUL (3 tahun terakhir)
Sebagai institusi yang mengusulkan saudara Khairurrijal (disingkat KR) sebagai nominator Dosen Berpestasi tahun 2011, berikut ini kami menguraikan deskripsi singkat tentang prestasi unggul yang telah dicapainya dalam darma pendidikan/pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
B.1. Abstrak
            Dengan Tridharma Perguruan Tinggi, dosen diamanatkan untuk melakukan pencapaian di ketiga darma tersebut. Kegiatan-kegiatan di darma pendidikan/pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat dapat juga dipublikasikan di jurnal internasional oleh KR dengan menerapkan metodologi penelitian,  seperti juga kegiatan di darma penelitian. KR juga menunjukkan bahwa mahasiswa dapat berkontribusi secara signifikan di dalam publikasi di jurnal internasional dengan pelibatan mereka secara aktif di dalam kegiatan-kegiatan di ketiga darma tersebut.
B.2. Latar belakang
Seperti diamanatkan oleh Tridharma Perguruan Tinggi, profesi dosen menuntut pencapaian tiga bidang darma: pendidikan/pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di ITB, KR mengamati banyak kolega dosen yang meyakini bahwa publikasi di jurnal internasional hanya dapat dilakukan dari darma penelitian.
KR kemudian memproklamirkan motto “Dari Darma Apapun, Luaran Tambahannya adalah Publikasi di Jurnal Internasional” di tahun 2005. Metodologi penelitian harus dilaksanakan di seluruh kegiatan dari darma apapun sehingga kebaruan diperoleh dan peluang menerbitkan makalah di jurnal internasional menjadi besar. 
B.3. Metode pencapaian unggulan 
KR menjadikan metodologi penelitian sebagai landasan untuk mendapatkan solusi. Dimulai dari mendefinisikan masalah beserta batasannya, melakukan kajian literatur atas masalah tersebut beserta solusi-solusi yang telah dipublikasikan sehingga terbentuk peta jalan pemecahan masalah, dan akhirnya menemukan solusi kreatif dan inovatif dari adanya peta jalan tersebut. Publikasi dilakukan oleh KR sebagai bagian dari pertanggungjawaban dan juga diseminasi.
Mahasiswa sebagai sumber daya insani yang menjadi generasi penerus bangsa harus dibangun keterampilan dan karakternya. Proses untuk membangun mahasiswa yang berketrampilan dan berkarakter menjadi hal yang sangat penting dan dilakukan oleh KR dalam bentuk latihan terstruktur yang terus menerus dan berkelanjutan.
B.4. Prestasi yang diunggulkan
            KR melakukan publikasi di jurnal internasional untuk seluruh kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Di FMIPA ITB, dia adalah salah seorang yang paling produktif dan dalam tiga tahun terakhir hampir 5 makalah terbit per tahun.
Dia juga termasuk salah seorang yang paling produktif menghasilkan lulusan. Dalam tiga tahun terakhir ada 41 lulusan (22 sarjana, 15 magister, dan 4 doktor) atau hampir 14 lulusan per tahun.
Dari publikasi di jurnal internasional tersebut, 3 mahasiswa S1, 5 S2, dan 9 S3 yang terlibat. Ini berarti ada 3 publikasi dari 22 sarjana, 5 publikasi dari 15 magister, dan 9 publikasi dari 4 doktor. Prestasi yang sangat membanggakan dari pelibatan mahasiswa oleh KR.  
B.4.1. Darma Pendidikan dan Pembelajaran
Masalah-masalah pendidikan/pembelajaran di Program Studi Fisika, FMIPA ITB cukup bervariasi. KR menghasilkan teknologi pembelajaran inovatif dan kreatif dan menerbitkannya di jurnal internasional. Dalam 3 tahun terakhir ada 3 makalah yang telah dipublikasikannya di jurnal internasional. 
B.4.2. Darma Penelitian
KR memusatkan kajiannya pada teori dan eksperimen nanomaterial dan devais elektroniknya. Untuk kajian eksperimennya, dia menekuni cara mensintesis dan instrumen untuk memantau maupun mengukur sifat-sifat nanomaterial maupun devaisnya. Ada 11 makalah yang telah diterbitkannya di jurnal internasional dalam 3 tahun terakhir.
B.4.3. Darma Pengabdian kepada Masyarakat
Masalah-masalah yang ada di masyarakat banyak dan beragam. KR menghasilkan teknologi yang tepat dan berguna untuk memenuhi keperluan masyarakat yang menginginkannya dan menerbitkannya di jurnal internasional. Dalam 3 tahun terakhir ada 2 makalah yang telah dipublikasikannya di jurnal internasional.
B.5. Kemanfaatan
            Karena ada nama ITB dan Indonesia sebagai afiliasi para penulis makalah di jurnal internasional tersebut, maka secara umum publikasi tersebut sangat bermanfaat dalam internasionalisasi dan juga penambahan jumlah makalah dari Indonesia umumnya dan ITB khususnya di database ilmiah dunia seperti Scopus dan ISI. Kemanfaatan spesifik dari setiap publikasi diberikan berikut ini.
B.5.1.  Darma Pendidikan/pembelajaran
1.   Spektrofotometer yang portable untuk pembelajaran di kelas matakuliah Eksperimen Fisika.
2.   Modul praktikum tentang hukum Hooke yang memberikan hasil yang lebih baik.
3.    Kit praktikum yang menjadikan pembelajaran lebih baik matakuliah Sistem Instrumentasi.
4.   Kit praktikum untuk menghasilkan karakteristik lebih detil dari komponen listrik.
B.5.2. Darma Penelitian
1.     Model arus terobosan di devais elektronik di dalam prosesor dan memori komputer masa kini. 
2.     Papan dari limbah/sampah sebagai pengganti papan kayu.
3.     Reaktor spray pyrolysis untuk membuat nanopartikel bagi berbagai keperluan.
4.     Filter berbasis nanopartikel untuk dimanfaatkan dalam memfilter air.
5.     Reaktor pengubah metanol menjadi hidrogen untuk Direct Methanol Fuel Cell (DMFC).
6.     Tinta berpendar dari nanopartikel untuk tinta rahasia di dokumen penting dan uang kertas.
7.     Nanopartikel fosfor UV untuk dimanfaatkan pada pembuatan lampu hemat energi (LHE).
B.5.3. Darma Pengabdian kepada Masyarakat
1.     Sistem electrospinning (pemintalan listrik) yang lebih murah untuk membuat nanofiber bagi berbagai keperluan seperti untuk tekstil, filter, maupun biosensor. Seorang mahasiswa pascasarjana Farmasi, Universitas Indonesia akan memanfaatkan alat ini untuk membuat jaringan kulit buatan yang sangat diperlukan ketika luka bakar.
2.     Elektrometer arus untuk menghasilkan karakteristik listrik seluruh material maupun devais elektronik yang telah dihasilkan oleh para peneliti.
B.6. Diseminasi
Hasil-hasil kegiatan di ketiga darma dari Tridharma Perguruan Tinggi tersebut telah tersebar secara otomatis ke seluruh dunia melalui publikasi di jurnal internasional. Selain itu, dilakukan juga diseminasi melalui pameran atau open house yang dilakukan oleh ITB. Dan tak kalah pentingnya adalah penyebaran dari mulut ke mulut oleh jejaring alumni dan para pengguna.
B.7. Pengakuan dari pihak terkait
            Atas capaian-capaian yang sangat baik dari kegiatan-kegiatan di ketiga darma dari Tridharma Perguruan Tinggi, KR mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak seperti diuraikan di bawah ini.
B.7.1. Darma Pendidikan/pembelajaran
KR menjadi salah seorang pembicara kunci/undangan di seminar/lokakarya berikut ini:
1.     “Antara Pengajaran/Pendidikan dan Penelitian dalam Pembelajaran Fisika‏”, Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2011 (Bandung, 22-23 Juni 2011)
2.     “Beberapa Catatan Tentang Kurikulum: Integrasi Keilmuan Fisika & Keislaman‏”, Workshop Peninjauan Kurikulum Jurusan Fisika, Fakultas Sains & Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati (Bandung, 15 Maret 2011).
3.     “Considering a School as Centers of Excellence‏”, Workshop for International Networking and Branding (Surabaya, 18-20 February 2011).
4.     “Manuskrip sebagai Sumber Tata Nilai dan Cara Menyiapkannya”, Workshop Penulisan Makalah Ilmiah untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika, UIN Sunan Gunung Djati (Bandung, 14 Desember 2010).
5.     “Pengembangan Potensi Diri”, Pelatihan SDM IPTEK Kerjasama  KNRT-ITB (Bandung, 19 Nopember 2010).
B.7.2. Darma Penelitian
KR menjadi salah seorang pembicara kunci/undangan di seminar/lokakarya berikut ini:
1.     “Model of Tunnel Current through High-K Dielectric Stack in MOS with Anisotropic Masses and Parallel-Perpendicular Kinetic Energy Coupling”, International Union of Materials Research Societies (IUMRS) - International Conference in Asia 2008 (IUMRS-ICA 2008) (Nagoya, 9-13 December 2008).
2.     “Evolusi Devais MOSFET Menjadi NW/GNR FET dengan Kanal Nanokawat/Nanopita Grafena untuk Kinerja yang Lebih Tinggi”, Seminar Instrumentasi Berbasis Fisika 2010 (Bandung, 22 Desember 2010).
3.     “Nanoteknologi dalam MOSFET Nanokawat (Nanowire MOSFET) untuk Komunikasi Nirkabel Masa Datang”, Seminar Nasional Teknologi Komputer & Telekomunikasi IV (Universitas Tarumanagara Jakarta, 9 Desember 2010).
4.     “Manuskrip sebagai Sumber Tata Nilai”, Workshop Penulisan Makalah untuk Jurnal Ilmiah oleh Indonesian Journal of Physics (Bandung, 29 Nopember & 6 Desember 2010).
5.     “Teknik Pemintalan Elektrik untuk Pembuatan Nanoserat: dari Pemodelan hingga Eksperimen”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Nano 2009 (Bandung, 3 Juni 2009).
B.7.3. Darma Pengabdian kepada Masyarakat
Pengakuan masyarakat kepada KR di darma ini diwujudkan dalam bentuk pemesanan alat ukur, pembuatan kit praktikum, maupun pemanfaatan keahliannya.
1.     Alat ukur elektrometer yang murah ini telah menjadi substitusi alat ukur impor yang mahal. Sejak 2007 hingga saat ini, alat tersebut telah digandakan lebih dari 20 buah dan tersebar di ITB, IPB, UGM, UNP, Unsri, UPI, UIN SGD, Undip, Unnes, UNS, UNM, dan Untad.
2.     Kit praktikum AT89S52 Single Board Computer (Microtrainer) yang murah juga digunakan di Jurusan Teknik Elektro, STT PLN Jakarta, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, dan Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu.
3.     Memimpin tim untuk melakukan otomatisasi peralatan penelitian di Pusat Penelitian Air, Kementerian Pekerjaan Umum dalam periode tahun 2010-2011.








Formulir Karya Tridharma Perguruan Tinggi
(tiga tahun terakhir)

A.   Keterangan Perorangan
1. Nama Lengkap (dengan gelar)
Prof. Dr.Eng. Khairurrijal
2. NIP.
19650216 199103 1002
3. Jabatan Akademik
Guru Besar
4. Jabatan Struktural
Sekretaris Pengabdian kepada Masyarakat,  LPPM ITB
5. Pangkat dan golongan
Pembina Tk. I/ IV/b
6. Tempat & Tanggal Lahir
Pekanbaru, 16 Februari 1965
7. Jenis Kelamin
Laki-laki
8. Bidang Keahlian
Fisika Material & Instrumentasi
9. Agama
Islam
10. Asal Perguruan Tinggi
Institut Teknologi Bandung
Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Dep.
Fisika
11. Alamat Perguruan Tinggi
Jalan Ganesa 10, Bandung 40132
Telp/Fax
(022) 250 0834/ 250 6452
12. Status perkawinan
Kawin
13. Alamat Rumah (lengkap)

Telp/Fax

Hp

E-mail
krijal@fi.itb.ac.id


B. Pendidikan dan Pembelajaran  (tiga tahun terakhir)
No
Kegiatan Pendidikan dan Pembelajaran
Bentuk
Tempat/ Instansi
Tanggal
Keterangan
1
2
3
4
5
6
1
Memperoleh ijasah S3/S2










2
Mengajar




2.1
FI6282 Fisika II (4 sks)
Kuliah S2
ITB
Sem II 07/08
SK Dekan FMIPA ITB No. 04/SK/K01.7/PP/2008
2.2
FI6237 Material Oksida (2 sks)
Kuliah S2
ITB
Sem II 07/08
SK Dekan FMIPA ITB No. 04/SK/K01.7/PP/2008
2.3
FI2104 Elektronika (4 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 08/09
SK Dekan FMIPA ITB No. 34/SK/K01.7/PP/2008
2.4
FI3001 Scientific Communication (3 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 08/09
SK Dekan FMIPA ITB No. 34/SK/K01.7/PP/2008
2.5
FI4132 Komputasi Material & Devais Kuantum (3 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 08/09
SK Dekan FMIPA ITB No. 34/SK/K01.7/PP/2008
2.6
FI5081 Fisika II (4 sks)
Kuliah S2
ITB
Sem II 08/09
SK Dekan FMIPA ITB No. 01/SK/K01.7/PP/2009
2.7
FI4231 Fisika & Teknologi Semikonduktor (2 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem II 08/09
SK Dekan FMIPA ITB No. 01/SK/K01.7/PP/2009
2.8
FI3104 Fisika Kuantum I (4 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 09/10
SK Dekan FMIPA No. 25a/SK/K01.7/PP/2009
2.9
FI4132 Komputasi Material & Devais Kuantum (3 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 09/10
SK Dekan FMIPA No. 25a/SK/K01.7/PP/2009
2.10
FI5081 Fisika II (4 sks)
Kuliah S2
ITB
Sem II 09/10
SK Dekan FMIPA No. 01/SK/K01.7/PP/2010
2.11
FI2203 Termodinamika (3 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem II 09/10
SK Dekan FMIPA No. 01/SK/K01.7/PP/2010
2.12
FI4231 Fisika & Teknologi Semikonduktor (2 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem II 09/10
SK Dekan FMIPA No. 01/SK/K01.7/PP/2010
2.13
FI3104 Fisika Kuantum I (International) (4 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 10/11
SK Dekan FMIPA No. 27/SK/K01.7/PP/2010
2.14
FI4132 Komputasi Material & Devais Kuantum (3 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 10/11
SK Dekan FMIPA No. 27/SK/K01.7/PP/2010
2.15
KU1180 Pengantar Keilmuan MIPA (2 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem I 10/11
SK Dekan FMIPA No. 27/SK/K01.7/PP/2010
2.16
FI5081 Fisika II (4sks)
Kuliah S2
ITB
Sem II 10/11
SK Dekan FMIPA No. 01/SK/K01.7/PP/2011
2.17
FI2203 Termodinamika (International) (4 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem II 10/11
SK Dekan FMIPA No. 01/SK/K01.7/PP/2011
2.18
FI4231 Fisika & Teknologi Semikonduktor (2 sks)
Kuliah S1
ITB
Sem II 10/11
SK Dekan FMIPA No. 01/SK/K01.7/PP/2011






3
Membimbing: Seminar mahasiswa; KKN; Praktik Kerja Lapangan;magang




3.1
Ibnu Purniawan (102 05 039)
S1
ITB
Sem I 08/09
FI4091 Studi Mandiri Terpantau
3.2
Fandi Oktasendra (102 06 074)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4091 Studi Mandiri Terpantau
3.3
M. Aziz Billah (102 07 051)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4091 Studi Mandiri Terpantau
3.4
Anggi Puspita S. (102 07 064)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4091 Studi Mandiri Terpantau
3.5
Revni Yusmeinar P. (102 07 078)

ITB
Sem II 08/09
FI4091 Studi Mandiri Terpantau
3.6
Fika R. U. M. ( 102 06 031
S1
ITB
Sem I 09/10
FI4091 Studi Mandiri Terpantau






3.7
Andi N. I. Mukminah (102 03 051)                
S1
ITB
Sem II 07/08
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.8
Hindra Kurniawan (102 03 019)
S1
ITB
Sem II 07/08
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.9
Erik Sentosa (102 03 073)
S1
ITB
Sem II 07/08
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.10
Eko Widiatmoko (102 04 016)
S1
ITB
Sem II 07/08
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.11
Bebeh W. Nuryadin (102 04 045)
S1
ITB
Sem II 07/08
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.12
Muhammad Sanny E. Rosmani (102 03 028)
S1
ITB
Sem I 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.13
Hadiyawarman (102 04 067)
S1
ITB
Sem I 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.14
Rini Latifah (102 04 014)
S1
ITB
Sem I 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.15
Tiin Sinatra (102 04 025)
S1
ITB
Sem I 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.16
Anggie Dewi Sonya (102 04 006)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.17
Lizi L. Zaenufar (102 04 056)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.18
Liherlinah (102 04 029)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.19
Agustina (102 05 048)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.20
Indra Wahyudhin Fathona (102 05 023)
S1
ITB
Sem II 08/09
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.21
Taufik Adi Nugraha (102 05 017)
S1
ITB
Sem I 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.22
Ady Iswanto (102 05 033)
S1
ITB
Sem I 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.23
Indah Nurmawarti (102 05 018)
S1
ITB
Sem I 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.24
Thomas Alfa Edison (102 05 032)
S1
ITB
Sem I 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.25
Haruno Subiyanto (102 05 002)
S1
ITB
Sem II 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.26
Osi Arutanti (102 05 006)
S1
ITB
Sem II 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.27
Widi Yansen (102 06 044)
S1
ITB
Sem II 09/10
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir
3.28
Fandi Oktasendra (102 06 074)
S1
ITB
Sem II 10/11
FI4099 Seminar dan Sidang Tugas Akhir






4
Membimbing Disertasi/Tesis/ Skripsi/Tugas Akhir/Lap Akhir




4.1
Fatimah A. Noor (302 06 007)
Disertasi
ITB
Lulus Oktober 2010
Cum Laude; Dosen ITB
4.2
Yulkifli (302 06 006)
Disertasi
ITB
Lulus Oktober 2010
Cum Laude; Dosen UNP Padang
4.3
Lilik Hasanah (302 03 005)
Disertasi
ITB
Lulus Juli 2008
Cum Laude; Dosen UPI Bandung
4.4
Alan Maulana (302 03 002)
Disertasi
ITB
Lulus Juli 2008
BATAN Serpong
4.5
Afifah Rosyidah (305 04 010)
Disertasi
ITB
Lulus April 2008
Cum Laude, Dosen ITS
4.6
Mora (302 07 004)
Disertasi
ITB
Tahap II
Ketua Tim Pembimbing; SK Dekan PPs No. 56/SK/K01.12/PP/2010
4.7
Aip Saripudin (302 08 002)
Disertasi
ITB
Tahap II
Anggota Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 133/SK/I1.12/PP/2010
4.8
Menik Ariani (302 08 007)
Disertasi
ITB
Tahap II
Anggota Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 131/SK/I1.12/PP/2010
4.9
Sahrul Saehana (302 09 008)
Disertasi
ITB
Tahap II
Anggota Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 159/SK/K01.12/PP/2010
4.10
Ramli (302 08 003)
Disertasi
ITB
Tahap II
Anggota Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 121/SK/K01.12/PP/2010
4.11
Memoria Rosi (302 09 009)
Disertasi
ITB
Tahap II
Ketua Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 140/SK/I1.B01/PP/2011
4.12
Idha Royani (302 09 010)
Disertasi
ITB
Tahap I
Ketua Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 59/SK/K01.12/PP/2010
4.13
Riska Ekawita (302 10 003)
Disertasi
ITB
Tahap I
Ketua Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 501/SK/K01.12/PP/2010
4.14
Ade Yeti Nuryantini (302 10 004)
Disertasi
ITB
Tahap I
Ketua Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 502/SK/K01.12/PP/2010
4.15
Endi Suhendi (302 10 007)
Disertasi
ITB
Tahap I
Ketua Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 505/SK/K01.12/PP/2010
4.16
Bebeh Wahid Nuryadin (302 10 005)
Disertasi
ITB
Tahap I
Anggota Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 503/SK/K01.12/PP/2010
4.17
Masturi (302 10 008)
Disertasi
ITB
Tahap I
Anggota Tim Pembimbing;  SK Dekan PPs No. 506/SK/K01.12/PP/2010






4.18
Minsyahril Bukit (202 08 018)
Tesis
ITB
Lulus April 2011
Dosen Univ. Nusa Cendana
4.19
Vandri Ahmad Isnaini (202 08 005)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2010
Wiraswasta
4.20
Masturi (202 08 001)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2010
Dosen Univ Negeri Semarang
4.21
Bebeh Wahid Nuryadin (202 08 014)
Tesis
ITB
Lulus April 2010
Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung
4.22
Sri Kurniatin Setiawati (202 07 007)
Tesis
ITB
Lulus April 2010
Guru SMA 5 Bandung
4.23
Ade Yeti Nuryantini (202 07 009)
Tesis
ITB
Lulus Oktober 2009
Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung
4.24
Yudha Arman (202 07 010)
Tesis
ITB
Lulus Oktober 2009
Dosen Univ Tanjung Pura Pontianak
4.25
Ahmad Rifqy Marully (202 07 019)
Tesis
ITB
Lulus Oktober 2009
Wiraswasta
4.26
Endah Rahmawati (202 07 003)
Tesis
ITB
Lulus Oktober 2009
Dosen Univ. Negeri Surabaya
4.27
Riska Ekawita (202 07 013)
Tesis
ITB
Lulus Oktober 2009
Dosen Univ. Bengkulu
4.28
Memoria Rosi (202 07 002)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2009
Melanjutkan S3 di ITB Program Doktor Unggulan
4.29
Astuti (202 07 015)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2009
Dosen Univ. Andalas Padang
4.30
Sahrul Saehana (202 07 005)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2009
Dosen Univ. Tadulako Palu
4.31
Kahfi Sabariah (202 07 055)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2009
Guru MAN Jakarta
4.32
Syarifah Tianum Sirait (202 07 083)
Tesis
ITB
Lulus Juli 2009
Guru MAN Medan
4.33
Maria Evita (202 07 070)
Tesis
ITB
Lulus April 2009
Dosen ITB
4.34
Susilo (202 06 037)
Tesis
ITB
Lulus April 2009
Guru MAN Medan
4.35
Asep Suhendi (202 05 016)
Tesis
ITB
Lulus April 2008
Melanjutkan S3 di Hiroshima Univ., Jepang
4.36
Eka Suarso (202 08 004)
Tesis
ITB
Belum Lulus

4.37
Osi Arutanti
Tesis
ITB
Belum Lulus

4.38
Rita Prasetyowati
Tesis
ITB
Belum Lulus

4.39
Eko Widiatmoko (202 09 008)
Tesis
ITB
Belum Lulus

4.40
Indra W. Fathona (202 09 025)
Tesis
ITB
Belum Lulus

4.41
Arif Surachman (202 09 018)
Tesis
ITB
Belum Lulus







4.42
Fandi Oktasendra (102 06 074)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2011
Wiraswasta
4.43
Widi Yansen (102 06 044)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2010
Cum Laude; Melanjutkan S2 di Hankuk Univ., Korea
4.44
Osi Arutanti (102 05 006)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2010
Melanjutkan S2 di ITB
4.45
Haruno Subiyanto (102 05 002)
Tugas Akhir
ITB
Lulus April 2010
Bekerja di Jepang
4.46
Thomas Alfa Edison (102 05 032)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2009
Cum Laude & Best Final Project; Mendirikan Perusahaan sendiri
4.47
Indah Nurmawarti (102 05 018)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2009
Best Graduate; Melanjutkan S2 di Jepang
4.48
Ady Iswanto (102 05 033)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2009
Wiraswasta
4.49
Taufik Adi Nugraha (102 05 017)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2009
Melanjutkan S2 di Osaka University, Jepang
4.50
Agustina (102 05 048)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2009
Cum Laude; Melanjutkan S2 di Hankuk Univ., Korea
4.51
Indra Wahyudhin Fathona (102 05 023)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2009
Melanjutkan S2 di ITB
4.52
Liherlinah (102 04 029)
Tugas Akhir
ITB
Lulus April 2009
Wiraswasta
4.53
Lizi L. Zaenufar (102 04 056)
Tugas Akhir
ITB
Lulus April 2009
Dosen di STMIK Ganesa Bandung
4.54
Anggie Dewi Sonya (102 04 006)
Tugas Akhir
ITB
Lulus April 2009
Melanjutkan S2 di ITB
4.55
Hadiyawarman (102 04 067)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2008
Melanjutkan S2 di Hankuk Univ, Korea
4.56
Muhammad Sanny Eka Rosmani (102 03 028)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2008
Wiraswasta
4.57
Tiin Sinatra (102 04 025)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2008
Cum Laude; Bekerja di LAPAN
4.58
Rini Latifah (102 04 014)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Oktober 2008
Wiraswasta
4.59
Eko Widiatmoko (102 04 016)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2008
Cum Laude; Melanjutkan S2 di ITB
4.60
Erik Sentosa (102 03 073)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2008
Melanjutkan S2 di ITB
4.61
Bebeh Wahid Nuryadin (102 04 045)
Tugas Akhir
ITB
Lulus Juli 2008
Melanjutkan S2 di ITB
4.62
Andi Nur Izzatul Mukminah (102 03 051)
Tugas Akhir
ITB
Lulus April 2008
Bekerja di Pertamina
4.63
Hindra Kurniawan (102 03 019)
Tugas Akhir
ITB
Lulus April 2008
Bekerja di Singapura
4.64
Muhamad Prama Ekaputra 102 06 082)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.65
Ali Abdurrahman (102 07 027)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.66
Anggi Puspita Sari (102 07 064)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.67
Fika Madayanti (102 06 031)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.68
Revni Yusmeiniar P (102 07 078)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.69
Anastasia Purnamadewi (102 07 032)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.70
M. Aziz Billah (102 07 051)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus

4.71
Rifky Syariati (102 07 058)
Tugas Akhir
ITB
Belum Lulus







5
Mengembangkan bahan ajar (buku ajar, diktat, modul, penuntun praktikum, praktik)




5.1
M. Abdullah dan Khairurrijal, Karakterisasi Nanomaterial: Teori, Penerapan, dan Pengolahan Data, ISBN 978-602-97181-0-2 (Bandung, Rezeki Putra, Juni 2010)
Buku
ITB
Juni 2010
Berdasarkan hasil-hasil penelitian.
Menjadi buku referensi seluruh mata kuliah terkait nanomaterial dan karakterisasinya
5.2
Khairurrijal dan M. Abdullah, (Eds.), Membangun Kemampuan Riset Nanomaterial di Indonesia, ISBN 978-602-95196-0-0 (Bandung, Rezeki Putra, Maret 2009)
Buku
ITB
Maret 2009
Berdasarkan hasil-hasil penelitian.
Menjadi buku referensi perkembangan kemajuan Kelompok Keahlian Fisika Material Elektronik, FMIPA ITB
5.3
Petunjuk Praktikum “Sistem Telemetri Radio”
Petunjuk Praktikum
ITB
2008
Untuk Praktikum di Lab. Fisika Lanjut, Program Studi Fisika FMIPA ITB
5.4
Diktat “Belajar Mudah Mikrokontroler dengan Mikrotrainer PIC16F877”
Diktat
ITB
2008
Untuk Praktikum Mikrokontroler PIC16F877 di Lab. Elektronika & Instrumentasi, Program Studi Fisika FMIPA ITB
5.5
Diktat “Pemrograman Mikrokontroler 8051 Menggunakan MCS-51 Microtrainer”
Diktat
ITB
2008
Untuk Praktikum Mikrokontroler 8051 di Lab. Elektronika & Instrumentasi, Program Studi Fisika FMIPA ITB
5.6
Diktat “Pembelajaran Sistem Kontrol Automatik dengan Menggunakan Matlab”
Diktat
ITB
2008
Untuk Praktikum Kontrol di Lab. Elektronika & Instrumentasi, Program Studi Fisika FMIPA ITB
5.7
Diktat Elektronika Lanjut
Diktat
ITB
2008
Untuk membantu pembelajaran Elektronika Lanjut di Program Studi Fisika FMIPA ITB
5.8
Diktat Matakuliah FI3001 Scientific Communication
Diktat
ITB
2008
Diperbanyak oleh mahasiswa
5.9
Diktat Matakuliah FI4132 Komputasi Material dan Devais Kuantum
Diktat
ITB
2008
Diperbanyak oleh mahasiswa


Keterangan lain yang relevan dengan darma Pendidikan dan Pembelajaran

No
Kegiatan Pendidikan dan Pembelajaran
Bentuk
Tempat/ Instansi
Tanggal
Keterangan
1
2
3
4
5
6
1
Dosen Wali




1.1
Wali Mahasiswa ITB
Wali
FMIPA-ITB
Sem I 08/09

1.2
Wali Mahasiswa ITB
Wali
FMIPA-ITB
Sem II 08/09

1.3
Wali Mahasiswa ITB
Wali
FMIPA-ITB
Sem I 09/10

1.4
Wali Mahasiswa ITB
Wali
FMIPA-ITB
Sem II 09/10

1.5
Wali Mahasiswa ITB
Wali
FMIPA-ITB
Sem I 10/11

1.6
Wali Mahasiswa ITB
Wali
FMIPA-ITB
Sem II 10/11







2
Pembimbingan Mahasiswa untuk Hibah Penelitian Mahasiswa




2.1
Tim:
Mohamad Insan Nugraha NIM. 102 07 050
A.S. Alfarobi  
NIM.102 07 030
Yusia Haryanto
NIM. 102 07 040
Randi Farmana  
NIM. 102 070 66
Nurul Widya
NIM. 105 07 019
Hibah Penelitian Mahasiswa FMIPA ITB. Judul “Prinsip Optika Sederhana Untuk Optimalisasi Penyerapan Cahaya Matahari Pada Panel/Sel Surya”
FMIPA-ITB
Maret - Agustus 2010

2.2
Tim:
Prawistin Noorlaily
NIM. 102 08 089
Alinda Permatasari
NIM. 102 08 017
Harni Julia Fitri
NIM. 101 08 031
Liany Septiany
NIM. 105 08 085  
Hibah Penelitian Mahasiswa FMIPA ITB. Judul “Pembuatan Sabun yang Mengandung Zat Kimia atau Bahan Herbal yang Tepat untuk Membunuh Bakteri Patogen tanpa Mengganggu Bakteri Baik Sel Kulit juga Aman bagi Lingkungan
FMIPA-ITB
Maret - Agustus 2010







3
Pembimbingan Mahasiswa untuk Mendapatkan Internship/Summer School/Workshop/Seminar di Luar Negeri




3.1
Ady Iswanto (S1)
NIM. 102 05 033)

Summer College on Nonequilibrium Physics from Classical to Quantum Low Dimensional Systems
Trieste - Italia
06-24 Juli 2009

3.2
Indra W. Fathona (S2)
NIM. 202 09 025

Joint ICTP/ IAEA School on Physics and Technology of Fast Reactors Systems
Trieste, Italia
9-20 Nopember 2009

3.3
Taufik Adi Nugraha (S1) NIM. 102 05 017
Advanced School on High Performance and Grid Computing
Trieste , Italia
30 Nopember - 11 Desember 2009

3.4
Indah Nurmawarti (S1) NIM. 102 05 018
Short Term Exchange Program @TUAT (STEP @TUAT)
Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang
1 Oktober 2009 – 30 September 2010

3.5
Taufik Adi Nugraha (S1) NIM. 102 05 017
Summer School on
Advanced Technology Training Program for Experimental Physics

Osaka University, Jepang
12 Juli - 10 Agustus 2010

3.6
Anggi Puspita Sari (S1) NIM. 102 07 064
Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Student Exchange Program
Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Seoul, Korea
1 Nopember – 31 Desember 2010

3.7
Abdurrahman Ali (S1)
NIM. 102 07 027
Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Student Exchange Program
Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Seoul, Korea
1 Nopember – 31 Desember 2010







4
Menyampaikan Orasi Ilmiah




4.1
Pidato Ilmiah Guru Besar ITB
Majelis Guru Besar ITB
Balai Pertemuan Ilmiah ITB
27 Mei 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar